FTTH

Fiber To The Home atau yang disebut dengan FTTH, adalah suatu jaringan akses atau jaringan yang menghubungkan antara pusat layanan dengan peralatan pelanggan atau Customer Premises Equipment (CPE) dengan menggunakan Fiber Optik.

Fiber To The Home (FTTH) merupakan sepenuhnya jaringan optik dari provider ke pemakai. Multiplex dari sinyal optik dibawa ke splitter dalam sebuah group yang hampir mendekati pemakai. Terdapat splitter optik dengan ratio yang berbeda-beda, tetapi typical-nya menggunakan ratio 1:64 dan 1:128. Artinya sinyal multiplex dibagi ke 64 atau 128 rumah yang berbeda-beda.

Penghantaran dengan menggunakan teknologi FTTH ini dapat menghemat biaya dan mampu mengurangkan biaya operasi dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. FTTH menghantarkan isyarat telekomunikasi dengan lebar jalur yang lebih besar dibandingkan dengan penggunaan kabel konvensional.

Biasanya jarak antara pusat layanan dengan pelanggan dapat berkisar maksimum 20 km. Dimana pusat penghantaran penyelenggara layanan (service provider) yang berada di kantor utama disebut juga dengan central office (CO) Sinyal RF ( digital ) pada sentral headend  dikonversi dahulu ke format optik oleh perangkat transmitter pada gelombang 1550 nm ,lalu di campurkan dengan sinyal data /internet dari OLT yang mempunyai panjang gelombang 1490 nm  menggunakan  EDFA sehingga sinyal dapat didistribusikan melalui media kabel fiberoptik dan pada jarak tertentu.

Perangkat ODC / Optical distribution Cabinet dan ODP/Optical Distribution Point ditambahkan pada jaringan  distribusi kabel optic untuk membagi  sinyal optik sesuai pembagian 1:64 untuk EPON atau 1:128 untuk GPON , agar kualitas sinyal tetap optimal hingga titik penerimaan pelanggan.

Opsi Solusi Sistem

Open chat
Hubungi Kami