HFC

HFC atau Hybrid Fiber Coaxial adalah teknologi  jaringan yang mendistribusikan sinyal broadband ( Audio , Video dan Data ) dari sentral headend menggunakan kabel fiber optik sebagai backbone ( jaringan utama ), dan kabel coaxial sebagai jaringan distribusi lokal dan penghubung ke titik pelanggan ( last mile ).

Peralatan pada sentral headend HFC  terdiri dari peralatan penerima yaitu antenna parabola, receiver, modulator, encoder, combiner dan peralatan transmitter.

Sinyal RF ( analog atau digital ) pada sentral headend dirubah dalam bentuk sinyal laser oleh perangkat transmitter pada gelombang 1310nm atau 1550 nm ,sehingga sinyal dapat didistribusikan melalui media kabel fiberoptik dan pada jarak tertentu sinyal dirubah kembali ke sinyal RF dengan perangkat optical receiver ( node ). Output sinyal RF dari node kemudiaan  disalurkan melalui kabel coaxial untuk distribusi lokal pada jarak yang lebih pendek, kurang dari  500 meter dari titik node hingga  titik pelanggan.

Perangkat catv amplifier ditambahkan pada jaringan lokal distribusi kabel coaxial untuk memperkuat sinyal, agar kualitas sinyal tetap optimal hingga titik penerimaan pelanggan.

Sistem jaringan HFC, sudah dikembangkan dan digunakan di banyak negara lebih dari 30 tahun sebagai alternatif distribusi sinyal selain melalui satelit dan teresterial.

Opsi Solusi Sistem

Open chat
Hubungi Kami